PROGRAM STUDI ILMU LINGKUNGAN

SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
  7. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  10. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

S1-SARJANA ILMU LINGKUNGAN

S2-MAGISTER ILMU LINGKUNGAN

S3-DOKTOR ILMU LINGKUNGAN

PENGUASAAN PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarisme secara khusus, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya;
  2. Menerapkan konsep teoritis dan prinsip-prinsip pokok kajian ilmu lingkungan yang holistik, utuh dan menyeluruh
  3. Menerapkan prinsip dan aplikasi ilmu lingkungan secara holistik, utuh dan menyeluruh berdasarkan keanekaan, keterkaitan, ketergantungan, keharmonisan dan keberlanjutan antara lingkungan fisik, biotik dan sosial budaya
  4. Menerapkan pengetahuan tentang ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan kajian ilmu lingkungan
  1. Menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarisme secara khusus, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya;
  2. Mengembangkan konsep dan teori ilmu lingkungan secara mendalam;
  3. Mengembangkan sistem lingkungan alami dan hubungannya dengan manusia;
  4. Mengembangkan prinsip-prinsip keanekaan, saling keterkaitan, ketergantungan, keharmonisan dan keberlanjutan antara lingkungan fisik, biotik, dan Sosial budaya;
  5. Mengembangkan,mengkarakterisasi dan mengevaluasi pengaruh manusia terhadap system lingkungan;
  6. Mengembangkan pengetahuan dan terapan ilmu lingkungan melalui riset untuk menghasilkan karya inovatif dan teruji; dan
  7. Mengembangkan dan mengelola riset untuk memecahkan permasalahan lingkungan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan.
  1. Menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarisme secara khusus, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya;
  2. Menemukan kebaruan dalam penelitiannya dengan mengusai filosofi, teori, dan state of the art bidang kajian ilmu lingkungan yang menjadi tema peneltiannya;
  3. Menemukan korelasi antar komponen lingkungan dengan mengusai pendekatan Ilmu Lingkungan yang bersifat komprehensif dengan cara memahamai interelasi dan interdependensi komponen lingkungan fisik, biotik dan social budaya;
  4. Menemukan ide kebaruan dalam mengembangkan pengetahuan di bidang ilmu lingkungan melalui riset, menghasilkan karya kreatif, original dan teruji; dan
  5. Menemukan konsep kebaruan dalam memecahkan permasalahan lingkungan melalui pendekatan inter, multi, dan trans-disipliner.

KETERAMPILAN UMUM

  1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Menerapkan gagasan berdasarkan kajian implikasi pengembangan dan implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir
  3. Menerapkan konsep manajemen pengambilan keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang , berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data
  4. Menerapkan kemampuan dalam mengelola pembelajaran secara mandiri
  5. Menerapkan proses komunikasi dengan mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar ruangan
  1. Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah dalam bidang ilmu lingkungan yang memperhatikan dan menerapkan nilai kemanusiaan, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, serta makalah yang diterbitkan di jurnal ilmiah;
  2. Mengembangkan kemampuan validasi akademik atau kajian ilmu lingkungan dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industry yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
  3. Mengembangkan wawasan dalam menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  4. Mengembangkan dan mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau trans-disiplin;
  5. Mengembangkan ketrampilan untuk mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu dan teknologi lingkungan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  6. Mengembangkan, mengelola dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam Lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  7. Mengembangkan dan meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan
  8. Mengembangkan kemampuan dalam mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  9. Mengembangkan kemampuannya dalam memublikasikan karya akademik di jurnal ilmiah nasional terakreditasi atau jurnal internasional bereputasi; Mengembangkan daya beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu lingkungan pada kehidupan bermasyarakat serta berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global;
  10. Mengembangkan kemampuan personal dalam menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktek plagiarisme;
  11. Mengembangkan daya kreatifitas dalam menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian; dan mampu menggunakan minimal satu bahasa internasional untuk komunikasi lisan dan tulis.
  1. Menemukan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu lingkungan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora di bidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;
  2. Menemukan cara dalam menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoretis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan di jurnal internasional bereputasi;
  3. Menemukan pendekatan dalam memilih penelitian yang tepatguna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, dalam rangka mengembangkan dan/atau menghasilkan penyelesaian masalah di bidang keilmuan, teknologi, seni, atau kemasyarakatan, berdasarkan hasil kajian tentang ketersediaan sumber daya internal maupun eksternal;
  4. Menemukan metode dalam mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas;
  5. Menemukan cara dalam menyusun argumen dan solusi keilmuan berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat;
  6. Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan dan pembinaan sumber daya serta organisasi yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  7. Mampu mengelola, termasuk menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi hasil penelitian yang berada di bawah tanggung jawabnya; dan
  8. Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerjasama dengan komunitas peneliti diluar lembaga;
  9. Mampu memublikasikan karya akademik di jurnal internasional bereputasi;
  10. Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global;
  11. Mampu menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktek plagiarisme;
  12. Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian; dan
  13. Mampu menggunakan minimal satu bahasa internasional untuk komunikasi lisan dan tulis.

KETRAMPILAN KHUSUS

  1. Menerapkan cara merumuskan fenomena dan permasalahan lingkungan melalui analisis berdasarkan observasi dan eksperimen
  2. Menerapkan kaidah ilmiah dalam menghasilkan simpulan penelitian dan observasi serta modelmodel interaksi lingkungan yang menjawab tujuan dari fenomena atau permasalahan lingkungan yang menjadi subyek pembahasan
  3. Menerapkan konsep dalam menganalisis berbagai solusi alternatif yang ada terhadap permasalahan lingkungan untuk menentukan simpulan dan solusi yang tepat dengan kaidah kaidah pokok ilmu lingkungan.
  4. Menerapkan kajian ilmiah dalam memprediksi potensi penerapan ilmu lingkungan dalam teknologi yang berkaitan dengan permasalahan lingkungan global dan populer pada masyarakat
  5. Mampu mengikuti, berdaptasi dan menerapkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi lingkungan dalam konsep holistik, utuh dan menyeluruh yang berkelanjutan
  6. Mampu mendiseminasikan hasil kajian fenomena dan masalah lingkungan secara holistik, utuh dan menyeluruh dalam bentuk laporan atau kertas kerja sesuai dengan kaidahkaidah penulisan ilmiah
  1. Mengembangkan keilmuan berdasarkan azas, prinsip-prinsip, dan ruang lingkup perlindungan dan pengelolaan lingkungan;
  2. Mengembangkan keilmuan berdasarkan isu-isu terkini permasalahan lingkungan, serta protokol dan atau agenda internasional dan nasional dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan;
  3. Mengembangkan dan menyusun rencana, arahan pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan lingkungan, arahan upaya penegakan hukum; dan
  4. Mengembangkan metode penelitian dan mampu melakukan penelitian lingkungan melalui pendekatan multidisiplin dan transdisiplin untuk penyajian data sumberdaya lingkungan, evaluasi, serta pemecahan permasalahan lingkungan secara komprehensif.
  1. Menemukan konsepsi baru berdasarkan prinsip-prinsip keanekaan, keterkaitan, ketergantungan, harmonisasi dan keberlanjutan antara lingkungan fisik, biotik, dan sosial budaya;
  2. Menemukan kebaruan dalam penerapan azas, prinsip-prinsip, dan ruang lingkup perlindungan dan pengelolaan lingkungan;
  3. Menemukan kebaruan ide berdasarkan isu-isu terkini permasalahan lingkungan, serta protokol dan atau agenda internasional dan nasional dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan;
  4. Mampu menyusun rencana, arahan pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan lingkungan; dan
  5. Menguasai metode penelitian dan mampu melakukan penelitian lingkungan melalui pendekatan multidisiplin dan transdisiplin untuk penyajikan data sumberdaya lingkungan, evaluasi, serta pemecahan permasalahan lingkungan secara komprehensif.

Ikuti informasi terkini terkait lingkungan dan kegiatan organisasi dari www.pepsili.or.id

Menjadi bagian dari Perkumpulan Program Studi Ilmu Lingkungan Indonesia.